Skip to main content

Dream Bigger, Reach Higher: Kontingen Jambi 2014

Hai!

Subjudul kali ini sengaja menggunakan bahasa Indonesia, supaya lebih enak dibaca dan lebih cocok, karena ini berisi tentang kontingen OSTN SMK 2014 dari provinsi Jambi.

OSTN SMK 2014 tingkat provinsi Jambi telah usai. Juara pertama tiap bidang berhak mewakili provinsi Jambi di tingkat nasional. Siapa saja mereka?

Berhubung tingkat nasionalnya sudah masuk ke tahun ajaran baru, jadi aku udah duduk di kelas XII. Begitupun mereka. Kelas mereka yang aku buat di sini adalah kelas yang mereka duduki saat berlomba di tingkat nasional.

1. Bagus Juliansyah
Kelas XII, SMK Serentak Bak Regam Muara Bulian
Bidang Matematika Teknologi

Bisa dipanggil Bagus. Dia ini orangnya cerdas. Dia mengakui bahwa di sekolah, dia tidak mendapatkan pelajaran yang memadai untuk berlomba di tingkat provinsi. Hanya berbekal kecerdasannya, ia bisa menang. Hebat! Dia satu-satunya perwakilan dari luar kota Jambi dalam kontingen angkatan kali ini.

Bagus ambil jurusan apa ya, aku lupa. Setau aku sih, SMK dia itu kayak STM, Sekolah Teknik Mesin. Nih orang lumayan usil juga, hampir sama kayak si Fritz. Tingginya pun hampir sama. Mereka berdua lumayan akrab, mengingat yang cowok cuma mereka. Dan mereka selalu sekamar. Orangnya berani juga, wajar sih karena dia cowok. Wkwkwk.


2. Floretta
Kelas XII Akuntansi, SMK Unggul Sakti Kota Jambi
Bidang Matematika Non Teknologi

Panggilannya Retta. Cerdas? Ga usah ditanya lagi. Masternya bahasa Inggris juga, selain matematika. Suka bercermin. Sering diusilin sama Bagus dan Fritz. Hahaha. Setiap belajar selama pembinaan ke tingkat nasional, Retta belajar barengan dengan Bagus. Untuk beberapa topik materi, mereka baru dipisah. Lantaran, mereka sama-sama matematika.

Meski awalnya kurang berniat, akhirnya dia bisa menang di tingkat provinsi. Retta mengakui bahwa saat di tingkat kota, niatnya tidak sebesar di tingkat provinsi. Mungkin itu yang bikin dia dapat juara ketiga di tingkat kota dan juara pertama di tingkat provinsi. Lalu, juara berapa di tingkat nasional? Let's see then.


3. Fritz Geraldi Syah
Kelas XI TI, SMK Pelita Raya Kota Jambi
Bidang Fisika Terapan

Fritz, paling muda di antara kami semua. Salut! Dia bisa mengalahkan kakak kelasnya hingga berhasil lolos ke tingkat nasional. Ni orang IQ-nya pasti tinggi. Dan pintar bahasa Inggris juga. Anak yayasan sekolahnya. Tahun lalu, cece-nya (kakak perempuan) berhasil mewakili sekolahnya ke tingkat nasional untuk bidang fisika juga dan dapat juara Harapan I. Apakah Fritz bisa menyaingi cece-nya?

Paling usil. Paling muda. Paling sering ditanya-tanya alias kena interogasi ama kami yang cewek. Cakep. Dan tidak pernah panggil "ce" ke kami yang cewek -_-. Oh ya, ternyata dia ini sudah pernah ikut lomba debat bahasa Inggris tingkat kota Jambi dan meraih juara ketiga, sementara aku saat itu dapat juara keempat. Pantas aja rasanya aku pernah lihat dia, ternyata dia pernah berlomba dengan aku dah. Fritz pernah bilang, kalo tahun depan dia mau ikut bidang Matematika Teknologi. Mantap!


4. Christine Liviani
Kelas XII Multimedia, SMK Unggul Sakti Kota Jambi
Bidang Biologi Terapan

Ini ya aku sendiri. Wkwkwk. Di antara kami yang cewek, cuma aku yang jarang bahkan nyaris tidak pernah diusilin. Mereka yang cowok sih ngakunya karena segan. Dunno why.

Entah nama aku susah atau terlalu mudah, nama aku selalu salah penulisannya oleh dinas kota dan provinsi. Jadinya Cristin Livini. Asli, beda dah. Untung aja pas nasional, aku cepat-cepat minta ubah pas registrasi peserta.


5. Wilhelmina
Kelas XII Multimedia, SMK Unggul Sakti Kota Jambi
Bidang Kimia Terapan

Dipanggil Wina. Anak bungsu satu-satunya. Jadi bisa dibilang agak manja. Maminya sering datang dan telpon. Wkwkwkwk. Paling ceria di antara kami semua. Hari ultah deketan dengan aku.

Wina juga suka diusilin. Bukan hanya oleh Bagus dan Fritz, tapi aku juga. Hahaha. Dia juga suka curhat. Kadang, kasian juga lihatnya, dia paling sore dan paling terakhir selesai belajarnya. Sabar ya, Win. Soalnya saingan dia di nasional nanti kebanyakan dari SMK Analisis Kimia. Sementara Wina kan jurusan Multimedia, jadi belajar kimia harus sedalam mungkin.



Alright, I think that's all I can tell you 'bout 'em.
Menghabiskan waktu berbulan-bulan dengan mereka menjadi kenangan tersendiri bagi aku. Aku belajar banyak dari mereka. Ga tau lagi harus bilang apa ._.

Buat Bagus, Retta, Wina, dan Fritz, nih aku nitip pesan buat kalian, mengutip kalimat dari ilmuwan dunia, Albert Einstein:
"Try not to be a man of success, but rather try to be a man of value."
See ya!
Kontingen OSTN SMK Jambi 2014
Kontingen OSTN SMK 2014 Provinsi Jambi
Atas: Bagus, Fritz.
Bawah: Christine, Floretta, Wilhelmina.

Comments

Popular posts from this blog

Dream Bigger, Reach Higher: Am I Daydreaming? Is This Real?

Hai! Teori I, Teori II, dan Praktikum telah usai. Empat hari di Mataram telah kuceritakan pada dua bagian sebelumnya. Ini adalah bagian ketiga. Inilah bagian terakhir dari perjuangan OSTN SMK 2014 di Mataram, NTB. Don't miss this one!

Dream Bigger, Reach Higher: Second Round, the Decisive Battle

Hai! Olimpiade Sains SMK 2014 tingkat kota Jambi telah dilaksanakan pada tanggal 8 Mei 2014. Hasilnya, aku dan ketiga temanku yang lain berhasil lolos ke tingkat provinsi setelah masing-masing mendapat peringkat tiga besar kota. Di ronde kedua ini, tingkat provinsi, adalah ronde paling menentukan, apakah aku bisa atau tidak untuk mencapai target aku: mempertahankan prestasi tahun lalu dan mendapatkan medali. Jika berhasil menyabet juara pertama di ronde ini, maka dipastikan berangkat mewakili provinsi Jambi di tingkat nasional.