Skip to main content

Dream Bigger, Reach Higher: Decision & Motivation

Hai!

Sebelumnya, aku udah ceritain dikit latar belakang ikut OSTN SMK. Aku ditawarin buat ikut bidang fisika sama biologi. Bagaimanapun juga, aku harus pilih salah satu. Butuh waktu sampai kurang lebih 2 bulan buat mutusin ikut yang mana.


Kedua guru bidang itu 'berebutan'. Ngga ada yang mau ngalah. Di saat mereka udah harus kasih nama yang ikut ke wakil kepala sekolah, bu Narti, nama aku ada di dua bidang itu. Bu Narti tanya lagi ke aku. "Pilih mana yang Tine suka," kata beliau. FYI, orang-orang yang udah akrab biasanya panggil aku dengan Tine. Nah, sejak SD, aku selalu dapat ranking 5 besar, bukan nyombongin diri ye. Wkwkwk. Di SMK ini juga aku dapat ranking 1 untuk semester 1 dan 2 untuk semester 2 di kelas X. Oh ya, pas masa ini, aku udah kelas XI. Kedua guru itu yakin aku bisa memenangkan lomba itu, mengingat ranking aku di kelas dan prestasi waktu SMP.

Aku udah pernah bertekad, aku pengen tetap meraih prestasi selama SMK. Dan ketika ditawari ikut OSTN, aku seneng banget. Target doa dalam daimoku aku terwujudkan. Jadi, aku makin rajin daimoku. Aku mau pilih salah satu. Dan, pada akhirnya, aku memilih biologi. Aku sempat ganti jadi fisika setelah guru fisika SMP aku suruh aku mikir lagi. Beliau percaya banget sama aku. Setelah berpikir lagi dan lagi, plus daimoku, aku mantap milih biologi. Kenapa?

First, aku udah pernah ikut OSN Biologi tingkat kota pas SMP dan aku gagal. Aku mau membalas kekalahan aku. Second, ilmu biologi ini akan selalu berguna. Jadi, seandainya aku kalah, ilmunya bisa tetap aku ingat, karena menyangkut makhluk hidup, terlebih tentang tubuh manusia. Third, di jurusan multimedia ngga dipelajari biologi. Nah, ini aku jadikan challenge. Aku ingin benar-benar menikmati challenge selama masih muda. Kalau ada challenge, aku jadi punya semangat dan harapan. Bukankah itu yang membuat kita terus 'hidup'? ;)

Maka, sejak Januari 2014, aku bertekad untuk bisa meraih prestasi yang lebih baik lagi dari sebelumnya. Aku mau 'menang'. Ini kesempatan emas bagi aku. Target aku adalah dapat medali, entah itu perunggu, perak, atau emas. Itu artinya aku harus bisa dapat juara 3 besar. Sebelum bisa dapat medali, aku harus melewati beberapa tahap. Akan ada tingkat kota, di mana aku akan melawan SMK di kota Jambi. Lalu, tingkat provinsi melawan SMK perwakilan tiap kabupaten di provinsi Jambi. Setelah menang di tingkat provinsi, barulah aku bisa ke tingkat nasional, melawan perwakilan terbaik setiap provinsi di Indonesia, dan tentunya berjuang untuk capai target aku.

Selain buat aku sendiri, aku juga berdoa supaya perwakilan dari sekolah aku bisa ke nasional semua. Soalnya, kalau mereka lolos ke nasional juga, aku jadi tetap punya kawan satu sekolah yang sama-sama berjuang. Secara tidak langsung, ini membuat aku termotivasi untuk semangatin mereka. Gimanapun, lebih enak kalo ada kawan seperjuangan dari sekolah yang sama, kelas yang sama, dan kalo bisa sih sama-sama cewek. Jadi enak gitu, bisa cerita-cerita, seperti para wanita pada umumnya. HA-HA-HA.

Aku bener-bener terdorong. Aku melaksanakan daimoku secara rutin, mulai belajar sendiri dari video dan e-book, bahkan pinjam buku Biologi SMA milik teman.

Di saat yang bersamaan, tersiar kabar akan diadakan bunkasai nasional di Jakarta. Seingat aku ketika itu, OSTN tingkat nasional biasanya diadakan di bulan-bulan akhir. Bunkasai akan diselenggarakan pada bulan Oktober. Aku pengen ikut dua-duanya, takutnya 'tabrakan' harinya. Emang sih tingkat kota aja belum lomba, tapi aku udah mikir sejauh itu. Mimpi duluan, engga apa kali ya... :D

By the way, bunkasai itu sebuah acara festival kebudayaan. Bunkasai nasional diselenggarakan dalam rangka merayakan 10 tahun berdirinya Soka Gakkai Indonesia. Ini penting banget bagi aku. Jadi nambah lagi nih challenge. Pokoknya, aku udah bertekad untuk menang. Aku mau menorehkan tinta emas di usia aku yang memasuki 17 saat itu.

Well, I think that's enough for this time. Next, aku akan ceritain perjuangan menuju tingkat kota dan para perwakilannya. See ya there!

Comments

Popular posts from this blog

Dream Bigger, Reach Higher: Am I Daydreaming? Is This Real?

Hai! Teori I, Teori II, dan Praktikum telah usai. Empat hari di Mataram telah kuceritakan pada dua bagian sebelumnya. Ini adalah bagian ketiga. Inilah bagian terakhir dari perjuangan OSTN SMK 2014 di Mataram, NTB. Don't miss this one!

Dream Bigger, Reach Higher: Second Round, the Decisive Battle

Hai! Olimpiade Sains SMK 2014 tingkat kota Jambi telah dilaksanakan pada tanggal 8 Mei 2014. Hasilnya, aku dan ketiga temanku yang lain berhasil lolos ke tingkat provinsi setelah masing-masing mendapat peringkat tiga besar kota. Di ronde kedua ini, tingkat provinsi, adalah ronde paling menentukan, apakah aku bisa atau tidak untuk mencapai target aku: mempertahankan prestasi tahun lalu dan mendapatkan medali. Jika berhasil menyabet juara pertama di ronde ini, maka dipastikan berangkat mewakili provinsi Jambi di tingkat nasional.

Dream Bigger, Reach Higher: Kontingen Jambi 2014

Hai! Subjudul kali ini sengaja menggunakan bahasa Indonesia, supaya lebih enak dibaca dan lebih cocok, karena ini berisi tentang kontingen OSTN SMK 2014 dari provinsi Jambi. OSTN SMK 2014 tingkat provinsi Jambi telah usai. Juara pertama tiap bidang berhak mewakili provinsi Jambi di tingkat nasional. Siapa saja mereka?